Al-Qur’an Menyimpan Jawaban dari Setiap Cobaan

Hasna Malikatusilfa

“Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus.” (Al-Isra/17:9)

Manusia hidup itu tidak lepas dari ujian kehidupan. Ada yang diuji dari keluarganya, pasangannya, anaknya, pekerjaannya, hartanya, dan perasaannya. Ujian itu adalah bentuk cinta Allah kepada hamba-Nya. Dia yang paling bertakwa balasannya adalah surga, tempat terbaik di sisi Allah swt. Ujian itu terkadang terasa menyesakkan dada. Bagi mereka yang tidak pernah berputus asa, segala ujian tersebut dapat dilalui. Namun, bagi mereka yang kurang beruntung mendapat hidayah bisa jadi akan mengakhiri hidupnya.

Ketika diuji, manusia sering lupa kalau mereka sebenarnya tidak pernah sendiri. Pasti ada satu dua orang yang peduli, tetapi tidak disadari. Selain itu, bukankah Allah tidak pernah meninggalkan seorang hamba sendiri? Allah itu dekat, sedekat urat nadi. Dia Yang Maha Kuasa akan menghampiri hamba-Nya dengan berlari, ketika manusia berjalan menuju Tuhannya.

Kita, sebagai seorang muslim, memiliki kitab suci Al-Qur’an. Sebenarnya, di dalam Al-Qur’an itulah terdapat jawaban atas segala persoalan hidup. Kitab itulah yang akan menjadi jawaban dari segala persoalan hidup umatnya. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara mencari jawaban atas persoalan hidup yang menimpanya melalui Al-Qur’an.

Adapun cara berpedoman pada Al-Qur’an untuk menghadapi persoalan hidup, yaitu dengan membersihkan hati terlebih dahulu. Sukma dapat dibersihkan dengan kita menyerahkan segala urusan kepada Tuhan yang Maha Kuasa dan menghilangkan berbagai penyakit hati yang menghampiri. Langkah-langkah awal untuk membersihkan hati, yaitu dengan melakukan ibadah, seperti salat kemudian dilanjutkan berdoa dan membaca Al-Qur’an. Hal ini dilakukan dengan niat memohon petunjuk kepada Allah swt. Dengan membaca ayat suci Al-Qur’an dan merenungkan isinya atas izin Allah, kita akan menemukan letak jawaban yang dicari.

Jadi, ketika kegelisahan menghampiri kita, sebaiknya hal tersebut kita serahkan kepada Tuhan yang Maha Besar serta tenangkan hati kita dengan membaca kitab suci Al-Qur’an.

Realisasi pengabdian masyarakat Universitas Indonesia yang mewadahi siswa SMP/SMA untuk menulis dan berkarya.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store